10 Destinasi Wisata Alam Di Malang Yang Wajib Dikunjungi Dan Tips Wisata Yang Aman


Wisata Alam di Malang - Berkunjung ke Malang tentu belum lengkap jika tidak mengunjungi objek wisata yang ada disana. Hingga kini Malang bahkan menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena memiliki banyak tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan. Salah satunya adalah wisata alam. Ada banyak wisata alam di Malang yang wajib dikunjungi.

Daftar Wisata Alam Malang

Selain pemandangan alam khas kota Malang, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola dari setiap objek wisata. Berikut ini 10 daftar wisata alam di Malang yang bisa dijadikan destinasi wisata ketika berkunjung ke kota Apel ini.
1. Pemandian Kalireco
Pemandian Kalireco Lawang Malang

Salah satu wisata alam di Malang adalah pemandian kalireco. Objek wisata ini berada di Kalirejo tepatnya di Sumber Waras 2 No.97, Lawan, Malang, Jawa Timur. Pengunjung yang ingin datang tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk karena objek wisata ini masih tergolong baru. Pengunjung bisa datang ke pemandian kalireco dari pukul 06.00-18.00 WIB.
Begitu tiba di lokasi pemandian, pengunjung akan disambut dengan kolam yang sangat jernih sehingga pengunjung bisa langsung menceburkan diri. Selain itu pengunjung juga bisa melihat pada beberapa aliran air kolam berupa pancuran yang terlihat mengisi kolam dengan tebing berlumut. Hal itulah yang semakin memberikan kesan natural dan alami pada objek wisata ini.
2. Omah Kayu Batu Malang
Omah Kayu Batu Malang

Omah kayu terletak di Ds. Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur. Untuk harga tiket masuk weekend yaitu Rp 15.000,00/orang dan weekdays hanya berkisar sekitar Rp 10.000,00/orang.
Daya tarik dari objek wisata ini adalah adanya penginapan berbentuk rumah pohon yang bisa disewa oleh pengunjung yang ingin bermalam. Fasilitas ini sengaja disediakan bagi pengunjung agar bisa memberikan suasana yang lebih mengesankan sangat berlibur di omah kayu batu malang.
Baca Juga :

3. Taman Wisata Selecta
Pemandangan Bunga di Selecta

Bagi pengunjung wisata alam di Malang yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi karena objek wisata ini cukup terkenal. Berlokasi di Ds. Tulungrejo, Kecamatan Bumi aji, Batu, Malang. Objek wisata ini berjarak hanya sekitar 4 km saja dari pusat kota Batu.
Selain menawarkan pemandangan dengan keindahan taman bunga yang sejuk dan indah, taman selecta juga menyediakan beragam fasilitas untuk memanjakan pengunjung. Salah satunya adalah wahana permainan seperti sky bike, flying fox, dll. Tentu akan memberikan pengalaman liburan yang tidak terlupakan.
4. Kusuma Agrowisata
Kusuma Agrowisata 

Kusuma agrowisata merupakan agrowisata buah apel yang berada di Jl. Abdul Gani, Batu, Jawa Timur. Harga tiket masuk objek wisata ini cukup terjangkau yaitu Rp 25.000,00/orang di hari weekend dan Rp 20.000,00/orang pada saat weekdays.
Karena berada di ketinggian 1000 mdpl, pengunjung akan merasakan hawa sejuk khas pegunungan. Disana pengunjung bisa menikmati dan membawa pulang buah yang dipetik sendiri seperti apel, stroberi, jeruk, berbagai sayuran hidroponik, dan masih banyak lagi. Kusuma agrowisata juga menyediakan fasilitas outbound dengan beragam permainan di dalamnya.

Tempat Wisata Alam di Malang

5. Bukit Bulu Coban Rais
Bukit Bulu Coban Rais

Wisata alam selanjutnya di Malang adalah bukit bulu coban rais. Terletak di Dsn. Dresel, Ds. Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Batu, Malang. Untuk bisa masuk ke objek wisata ini pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 7.500,00/orang dan parkir kendaraan sebesar Rp 2.000,00/kendaraan.
Bukit bulu coban rais menawarkan udara dingin khas kota Batu dan gemericik air terjun yang menenangkan. Salah satu yang menjadi ikonik wisata ini adalah gardu bertuliskan “I LOVE U” yang terbuat dari kayu. Untuk bisa berfoto disana pengunjung harus mengantri sambil menikmati fasilitas lain seperti bukit bunga, rumah pohon, dan masih banyak lagi.
6. Wisata Air Krabyakan
Bingung mengisi liburan akhir pekan bisa datang ke wisata air krabyakan yang berlokasi di Ds. Sumberngepoh, Kec. Lawang, Kab. Malang, Kota Malang. Objek wisata ini buka dari pukul 08.00-17.00 WIB dengan tiket masuk yang cukup murah yaitu Rp 5.000,00/orang.
Wisata air krabyakan ini cocok untuk alternatif wisata bersama keluarga dengan background pemandangan pematang sawah. Disana pengunjung bisa menikmati beragam fasilitas yang ditawarkan seperti kolam renang berhiaskan bebatuan, mandi bola, terapj ikan, sepeda air. Selain itu juga pengunjung bisa menikmati kuliner warung sawah yang menyediakan beragam menu makanan yang khas.
7. Goa Pinus Batu
Objek wisata yang satu ini beralamat di Gang Mbah Ba’i, Gunungsari, kec. Bumi aji, Batu, Malang. Objek wisata ini menjadi salah satu tujuan untuk mencari atau hunting foto yang kekinian dan instagramable. Harga tiket masuk hanya Rp 5.000,00/orang dan buka dari pukul 07.00-17.30 WIB.
Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pohon pinus yang menyejukkan dan spot foto yang sangat beragam. Selain itu terdapat fasilitas gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat keindahan kota Batu dan Malang dari ketinggian.
8. Gunung Panderman
Bagi yang hobi mendaki gunung wajib mencoba wisata alam gunung panderman ini. Berada di ketinggian 2045 mdpl di Dsn. Toyomerto, Ds. Pesanggrahan, Kota Batu, Malang, Jawa Timur tepatnya 15 km dari kota Malang.
Sepanjang perjalanan menuju puncak pemandangan pohon pinus akan membuat perjalanan lebih menyenangkan. Selain itu pemandangan kota Batu dan Malang di malam hari dengan kerlap-kerlip lampu membuat suasana menjadi semakin indah. Untuk bisa mencapai puncak dibutuhkan perjalanan sekitar 3-4 jam saja.
9. Air Terjun Banyu Anjlok
Wisata alam di Malang yang satu ini berlokasi tepat di Lenggoksono, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur. Pengunjung bisa datang ke objek wisata ini pada pukul 07.00-17.00 WIB. Untuk harga tiket masuk wisata ini juga cukup terjangkau sehingga pengunjung tidam perlu khawatir.
Keunikan dari air terjun banyu anjlok ini adalah lokasinya yang berdekatan dengan pantai banyu anjlok. Sehingga pemandangan air terjun yang langsung menghadap tentu menambah keindahan objek wisata ini. Selain itu air terjun ini memiliki air yang jernih dengan pasir pantai yang mempesona.

Baca juga :

10. Kebun Teh Wonosari Malang
Berada di lereng gunung Arjuno tepatnya di Kec. Lawan, Kota Malang. Kebun ini terletak di ketinggian 1250 mdpl sehingga hawa sejuk pegunungan di tambah aroma khas kebun teh langsung menyapa pengunjung. Buka pukul 07.00-17.00 WIB dengan tiket masuk Rp 8.000,00/orang di hari biasa dan Rp 12.000,00/orang di akhir pekan.
Pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola guna menambah suasana liburan menjadi lebih menyenangkan. Contohnya sarana olahraga, toko oleh-oleh dan penginapan bagi pengunjung yang datang dari luar kota.

Tips Wisata Yang Aman

Sebelum memulai perjalanan untuk berlibur sebaiknya persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Cek kendaraan pribadi terutama bagian mesin agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan sewaktu-waktu. Selain itu bawalah perlengkapan pribadi seperti baju ganti, obat-obatan maupun peralatan lain yang bersifat penting.
Selain itu simpan barang-barang penting dengan benar contohnya dompet, ponsel karena tidak menutup kemungkinan jika terjadi hal buruk jika pengunjung ceroboh. Apabila pergi bersama rombongan usahakan jangan terlalu jauh memisahkan diri agar lebih mudah ketika dicari.
Nah itulah 10 daftar wisata alam di Malang yang wajib dikunjungi dan dijadikan destinasi wisata bersama orang tercinta. Jangan lupa untuk memperhatikan tips wisata yang aman agar liburan bisa berjalan dengan lancar.


Layanan Kami :